Sabtu, 17 September 2011

Mengapa transmisi analog lebih hemat bandwith dibandingkan transmisi digital ?

Transmisi analog lebih hemat bandwith dibandingkan dengan transmisi digital dikarenakan sinyal analog hanya memerlukan 1 bit untuk mengirim data (1 karakter pada sinyal analog hanya direpresentasikan dengan sebuah getaran yang menandakan hanya sebuah gelombang). 

Tetapi sinyal analog sangat rentan terhadap noise, hal ini menyebabkan data yang terkirim dapat berubah atau tidak sesuai dengan berita yang sebenarnya. Berbeda dengan sinyal digital, data yang di representasikan dengan sinyal digital jauh lebih akurat karena walaupun terkena noise informasi yang di representasikan tidak berubah (pada transmisi digital satu buah karakter di gambarkan dalam 8 bit biner yang sudah disepakati di dalam Tabel ASCII). 

Jika kita anggap sebuah sinyal memakan bandwidth 1 bit untuk satu gelombang maka otomatis yang lebih banyak menggunakan bandwidth adalah transmisi digital, karena 1 karakter yang digambarkan dengan 8 bit yang berarti sebuah karakter yang digambarkan 8 gelombang, maka dari itulah transmisi data menggunakan sinyal analog lebih hemat bandwith dibandingkan transmisi data menggunakan sinyal digital.

0 komentar: